Darimana Saja Saya Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja?

Banyak sekali informasi yang dapat Anda ketahui setelah mengenali talenta anda sendiri dan sifat serta perencanaan jangka panjang Anda. Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan, salah satunya antara lain.

Informasi Lowongan Kerja di Koran
Sekarang ini, banyak sekali penduduk yang berusia produktif tidak dapat pekerjaan ditambah lulusan perguruan tinggi semakin meningkat, PHK terjadi dimana-mana. Keadaan ini merupakan peluang bagi perusahaan-perusahaan media cetak untuk meningkatkan upah mereka. Amatilah koran-koran sekarang ini, dapat dipastikan terdapat topik yang khusus menyediakan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan yang membutuhkan karyawan.
Berbagai perusahaan yang membutuhkan karyawan baru, semua tertata rapi pada halaman tersebut. Pilihlah sesuai dengan keinginan Anda, terkadang koran yang diterbitkan hari ini kemungkinan tidak sesuai dengan yang Anda cari maka diperlukan kesabaran dan ketekunan untuk selalu membacanya.

Informasi Kerja melalui Teman, Rekan Kerja, maupun Keluarga
Apa yang telah diamati penulis mengenai lowongan kerja, untuk perusahaan-perusahaan tertentu terkadang lebih mengutamakan mencari karyawan melalui rekan atau sanak saudara dari karyawan lama, yang telah lebih dulu bekerja di perusahaan tersebut. Salah satu alasannya adalah agar diketahui dengan jelas karakter dari calon karyawan baru dan adanya jaminan dari karyawan lama. Disamping itu kemungkinan besar terjadi ikatan emosional antara calon karyawan baru dengan karyawan lama. Perusahaan-perusahaan ini akan memberikan informasi secara tertutup selama beberapa hari, setelah itu baru di informasikan secara terbuka. Kecenderungannya akan lebih mengutamakan hasil dari informasi yang di lakukan secara tertutup, akan tetapi tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan calon karyawan dari hasil informasi terbuka, jika memang calon karyawan tersebut lebih memenuhi kriteria.
Akan tetapi hal ini, bukan menjadi patokan yang selalu dilakukan perusahaan-perusahaan tersebut. Informasi yang dilakukan tertutup, kemungkinan dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan dalam mencari karyawan baru agar aktivitas mereka tidak terganggu. Itu pun kebanyakan berlaku untuk jabatan tertentu saja yang sekiranya tidak membutuhkan kriteria-kriteria khusus.
Anda diharapkan jeli dalam mencari informasi kerja. Melalui rekan maupun keluarga Anda.
Cobalah untuk selalu menanyakan kepada rekan atau sanak saudara yang telah bekerja di suatu perusahaan, adakah perusahaan mereka membutuhkan karyawan baru dan sesuaikah dengan keinginan Anda. Dan yang paling penting, Anda kah yang mereka cari. Kriteria yang harus dipenuhi pada suatu jabatan, tentu telah mereka tetapkan baik kriteria yang dapat segera dipenuhi saat bekerja maupun kriteria yang harus di penuhi saat melamar pekerjaan. Sekalipun demikian jangan menjadi halangan bagi Anda untuk mencoba melamarnya. Sebagai contoh suatu pekerjaan mempunyai kriteria S1 akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk berpendidikan D3 dapat melamarnya. Hal ini disebabkan karena adanya pertimbangan-pertimbangan lain. Anda yang berpendidikan D3 justru kemungkinan mempunyai kemampuan yang diharapkan untuk dapat memberikan kontribusi kepada perusahaan, disamping pertimbangan perusahaan menyangkut financial.
Apabila Anda telah mendapatkan informasi, berusahalah untuk menggali lebih jauh mengenai berbagai hal yang menyangkut pekerjaan tersebut. Seperti perkiraan gaji, job description (diskripsi kerja), sikap, maupun perkiraan materi yang diajukan saat tes kerja. Informasi di sekitar kerja sangatlah penting Anda ketahui sebagai bahan nantinya Anda melakukan tes wawancara. Pengetahuan di seputar pekerjaan tersebut maupun tentang perusahaan yang Anda lamar, dapat memberikan kesan bahwa Anda telah siap berkecimpung dalam pekerjaan yang Anda lamar serta Anda telah bersungguh-sungguh ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Informasi Kerja dari Perguruan Tinggi
Ada beberapa cara untuk mencari informasi lowongan kerja, salah satunya adalah mendatangi perguruan tinggi. Biasanya perusahaan-perusahaan yang menginginkan karyawan baru dengan latar belakang keilmuan tertentu yang sesuai dengan keinginan mereka atau mereka ingin mendapatkan calon karyawan baru yang rata-rata fresh graduated, perusahaan tersebut akan melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi. Terutama perguruan tinggi yang sudah mempunyai nama, anggapan mereka di perguruan tinggi inilah banyak calon karyawan yang berkualitas dalam hal keilmuan secara teori dan nantinya teori-teori yang mereka dapatkan di dalam perkuliahan, dapat diterapkan dalam kerja. Anda yang bukan lulusan perguruan tinggi tersebut, dapat pula melamar hanya saja harus dapat bersaing dengan calon karyawan yang lain dari perguruan tinggi itu.
Sudah dapat dipastikan perusahaan yang bekerjasama dengan perguruan tinggi ingin merekut calon karyawan baru dengan background keilmuan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa gagasan maupun konsep-konsep baru yang merupakan hasil dari pendidikannya. Untuk itulah merupakan kesempatan besar bagi Anda segera mungkin mengunjungi perguruan tinggi tersebut, terutama perguruan tinggi yang telah mempunyai nama besar di kota Anda.

Informasi kerja dari departemen tenaga kerja
Pemerintah sebagai penyelenggara Negara mempunyai departemen khusus mengenai ketenagakerjaan. Disinilah informasi kerja dapat Anda peroleh biasanya departemen tenaga kerja akan mengumumkan yang berhubungan dengan pemerintah, salah satunya lowongan untuk pegawai negeri atau tenaga kerja Indonesia yang akan dikirim keluar negeri. Anda yang berkeinginan bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia dapat menghubungi Depnaker. Pertimbangannya, dapat dipastikan jika yang menjadi penyelanggara pemerintah, kemungkinan besar lembaga yang menjadi mitranya adalah lembaga penyalur tenaga kerja resmi. Hal ini yang perlu diperhatikan, kejelian dalam memilih lembaga penyalur yang resmi.
Perekutan yang dilakukan oleh Depnaker, tidak selalu ada. Beda dengan yang diadakan oleh perguruan tinggi, yang sudah mempunyai nama. Setiap bulan, beberapa perusahaan baik yang sudah besar maupun berskala menengah, pasti akan membuka lowongan pekerjaannya.

Informasi Kerja dari Tenaga Kerja
Selain depnaker, kecenderungan sekarang ini banyak merembak biro penyalur tenaga kerja. Mereka bekerja sama dengan perusahaan untuk mencarikan calon karyawan yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan, informasi kerja dapat Anda lihat disana. Hanya saja, Anda harus lebih teliti dengan perusahaan yang membuka lowongan kerja. Alangkah baiknya, jika terdapat alamat pada informasi kerja tersebut dan letaknya tidak jauh dari domisili Anda, sebaiknya Anda lihat sesuaikah dengan keinginan Anda. Keuntungan yang Anda dapatkan ketika kunjungan dilakukan antara lain sebagai berikut Anda dapat memperkirakan seberapa besar pendapatan yang dapat diperoleh, suasana kerja pada perusahaan seperti ini, nyamankah bagi Anda dan perkiraan-perkiraan lain yang akan muncul jika Anda melihat kondisi di lapangan.
Biasanya mereka akan menerima surat lamaran kerja kemudian diserahkan kepada perusahaan yang menjadi mitranya untuk diseleksi atau terkadang merekalah yang melakukan seleksi administrasi. Sebaiknya Anda bersabar menunggu panggilan dari mereka, untuk menjalankan tes kerja. Terutama yang baru lulus sekolah (fresh graduated). Kejelian, kesabaran, dan berusaha untuk banyak mencari informasi sangat perlu dilakukan mengingat persaingan kerja semakin ketat biro penyalur semakin banyak maka dibutuhkan ketelitian dan kejelian.

Informasi Kerja melalui Internet
Internet merupakan wahana untuk berinteraksi dengan dunia luar. Internet adalah sarana yang tepat bagi Anda untuk mencari berbagai macam infromasi, salah satunya lowongan pekerjaan. Anda sebagai calon karyawan yang berpotensi, alangkah baiknya sering menggunakan internet untuk melamar pekerjaan. Hal ini dapat memberikan kesan bahwa Anda telah terbiasa dengan perkembangan teknologi. Coba Anda bayangkan ketika mereka memperkerjakan seseorang yang nantinya akan berhubungan dengan teknologi dan ternyata penguasaan teknologi Anda sangatlah kurang, tentunya perusahaan akan mengeluarkan banyak biaya untuk pembelajaran Anda. Disamping dilihat dari segi waktu pengiriman lewat internet lebih cepat dan biaya pun lebih murah. Perusahaan-perusahaan menengah ke atas, biasanya memasang iklan di internet karena bagi mereka pun lebih efektif.
Kompetisi kerja semakin ketat, penguasaan teknologi bagi perusahaan sangatlah di tekankan. Anda diharapkan mampu berkompetisi dengan calon karyawan yang lain.
Untuk itu, Anda harus mengetahui situs yang mempunyai akses dengan lowongan kerja tersebut. Salah satunya adalah dengan cara tulis www.google.com, Anda akan masuk pada situs mesin pencari. Pada kotak dialog, Anda tulis portal lowongan kerja atau sesuai keyword pekerjaan yang ingin anda lamar, kemudian klik search/cari. Google akan mencari semua situs lowongan kerja, Anda tinggal mengklik halaman yang tersedia beberapa nama website mengenai lowongan kerja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Darimana Saja Saya Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja?"

Posting Komentar