Tips Sukses Interview Kerja

Salah satu kunci kesuksesan dalam melamar kerja adalah interview. Interview kerja adalah tahapan kedua para pencari kerja setelah mereka mengirim berkas lamaran pekerjaan ke perusahaan. Namun ada juga beberapa perusahaan yang lebih memilih walk in interview yang menurut Info Kerja Kediri lebih efektif dan efisien waktu. Walk in interview merupakan gabungan antara mengirim berkas lamaran pekerjaan disertai interview langsung, jadi tidak perlu menunggu panggilan interview lagi. Biasanya perusahaan yang membutuhkan karyawan sesegera mungkin menggunakan metode walk in interview dengan harapan segera menemukan karyawan yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan. Baca juga: Dokumen yang harus dilampirkan dalam surat lamaran kerja

Namun untuk bisa sukses dalam interview tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa trik supaya interview berjalan mulus dan HRD akan jatuh hati kepada anda. Berikut ini Info Kerja Kediri akan berbagi artikel mengenai tips sukses interview kerja:
1. Persiapkan Fisik Anda
Anda pasti tidak bisa membayangkan ketika pada hari ini anda ada jadwal untuk interview kerja di salah satu perusahaan yang dari dulu anda idamkan. Namun kondisi kesehatan anda sedang tidak fit karena sakit, betapa kecewanya anda apabila melewatkan kesempatan emas tersebut. Oleh karena itu usahakan pada saat hari-hari menunggu panggilan interview jagalah kesehatan anda.
2. Pahami Identitas Perusahaan
Bagian ini sama halnya jika anda suka dengan seseorang dan berharap suatu saat bisa menikah dengan seseorang yang anda suka tersebut. Jika anda benar-benar mencintai orang tersebut, anda akan berusaha sebisa mungkin mengetahui seluk beluknya mulai dari latar belakang keluarga, kehidupan pribadi, teman dekat, hal yang disukai, dan masih banyak lagi. begitu juga pada saat anda melamar kerja, anda juga wajib untuk mengetahui mengenai seluk beluk perusahaan yang anda lamar. Karena pada saat interview terkadang HRD menanyakan beberapa pertanyaan tentang perusahaan. Jika anda berniat dan serius melamar ke perusahaan yang anda idamkan tersebut pastikan anda memahami terlebih dahulu perusahaan tersebut.
3. Mempersiapkan Alat Tulis
Perusahaan yang sudah mempunyai nama besar dalam merekrut karyawan pasti lebih selektif dalam memilih. Hal tersebut bahkan dimulai sejak masih interview kerja, perusahaan akan menerapkan beberapa tahapan dalam melaksanakan interview. Biasanya diawali dengan tes tulis, jika pada tahap ini anda sudah gagal maka secara ototmatis anda sudah tidak memiliki kesempatan mengikuti tes selanjutnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebisa mungkin anda mempersiapkan alat tulis tadi jika suatu saat akan dibutuhkan. Selain itu alat tulis juga dibutuhkan pada saat absensi atau mengisi form yang disediakan HRD.
4. Jawaban “YA”
Ketika proses interview dimulai sudah bisa dipastikan anda akan dicecar dengan banyak pertanyaan dan jika anda gugup, anda akan gagal untuk bisa diterima di perusahaan tersebut. Pertanyaan yang sering diajukan adalah pertanyaan-pertanyaan yang pasti akan membuat para pelamar kerja menjadi bimbang. Seperti contoh: “Jika anda akan ditempatkan di luar pulau, apakah anda bersedia?”.  Sebaiknya jawablah “Ya” meskipun dalam hati anda sebenarnya tidak bersedia. Tapi perlu anda ingat, semua itu adalah pertanyaan jebakan yang menguji kesetiaan atau loyalitas anda terhadap perusahaan.
5. Jangan Malu Bertanya
Perlu diingat anda bukan seorang tahanan yang sedang diinterogasi. Anda adalah seseorang yang sedang memamerkan skill yang anda miliki ke sebuah perusahaan. Anda juga punya hak untuk bertanya, ada beberapa pertanyaan yang bisa anda tanyakan kepada HRD mulai fasilitas, jam kerja, peraturan perusahaan, dll.
Semua tahapan tersebut tidak akan artinya jika tidak diawali dengan sebuah doa. Demikian tips sukses interview kerja dan semoga anda bisa segera diterima kerja.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Tips Sukses Interview Kerja"

  1. ilmu yang sangat bermanfaat gan

    BalasHapus
  2. Fisik, penampilan mungkin bisa dipertimbangkan. Yang terpenting adalah kepercayaan diri, tapi jangan lupa kemampuan dan ketrampilan tetap ditingkatkan. Salam blogmania☺

    BalasHapus
  3. ini bener-bener sangat bermanfaat gan :D

    BalasHapus
  4. terima kasih atas tipsnya gan, semoga tips di atas dapat membantu sy ketika sedang interview

    BalasHapus