Dilarang Berbohong 4 Hal Ini Saat Melamar Pekerjaan

Berikut ada beberapa tips yang harus dihindari saat melamar pekerjaan:
1. Alamat tempat tinggal
Perusahaan yang Anda lamar berlokasi di Surabaya. Kelak, jika Anda diterima bekerja, Anda akan ditempatkan di Surabaya. Padahal, Anda berdomisili di Kediri. Khawatir pekerjaan impian bakal lolos dari genggaman karena masalah tempat tinggal yang jauh, Anda pun berbohong dengan mengatakan selama ini Anda tinggal di tempat dekat perusahaan.
Mungkin Anda berpikir melakukan kebohongan kecil seperti ini tidak akan berakibat fatal. Faktanya, kebohongan sekecil apa pun tetaplah kebohongan. Jika Anda ketahuan berbohong, perusahaan akan enggan berhubungan dengan Anda.
Jujurlah mengenai lokasi Anda selama ini berdomisili. Katakan kepada mereka, Anda akan siap jika perusahaan menempatkan Anda di lokasi tempat kerja yang ditentukan.
Suasana Job Fair Akbar 2019 di Kediri
2. Nominal gaji
Tak jarang pewawancara iseng menanyakan nilai gaji Anda di perusahaan lama. Nah, untuk hal yang satu ini, kejujuran juga diperlukan. Tak usah malu menyebutkan nilai gaji Anda, karena itu tak akan berpengaruh apa-apa. Pihak perusahaan sekadar ingin tahu saja.
Kalau Anda berbohong, dan setelah itu pewawancara meminta salinan slip gaji, pekerjaan impian pun terancam melayang karena Anda ketahuan berbohong.

3. Nilai IPK dan pendidikan
Hampir semua lowongan pekerjaan pasti mengajukan syarat untuk menyertakan salinan nilai IPK pada surat lamaran. Sebaiknya, jangan pernah berbohong soal nilai IPK Anda, karena pasti akan dengan mudah ketahuan.Begitu juga dengan latar belakang pendidikan Anda. Mungkin Anda berpikir perusahaan tidak peduli dan tidak akan memverifikasi soal itu. Masalahnya adalah, Anda tidak tahu apakah mereka akan memeriksanya atau tidak, dan itu hal yang sangat mudah dilakukan.
Paling tidak, mereka mungkin meminta salinan gelar pendidikan Anda dan jika mereka tahu Anda berbohong, mereka akan semakin gencar membongkar kebohongan Anda yang lain.

4. Jabatan terakhir pekerjaan
Mirip dengan gaji, jabatan terakhir pekerjaan adalah fakta yang sangat mudah diverifikasi. Sebagai permulaan, mungkin ada bukti online yang bertentangan dengan apa yang Anda katakan. Anda mungkin merasa jabatan tidak mencerminkan pekerjaan yang sebenarnya, tetapi itu bukan berarti Anda harus mengubahnya dengan mengarang cerita.

Source: Tempo.co

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dilarang Berbohong 4 Hal Ini Saat Melamar Pekerjaan"

Posting Komentar