Kenali Talenta Anda Sebelum Mencari Kerja
Identifikasi apa
yang akan Anda lakukan kemampuan untuk mengenali diri sendiri sangatlah
penting. Barang kali Anda mempunyai pilihan-pilihan, akan tetapi pekerjaan yang
sesuai dengan Anda sangat perlu dijadikan prioritas utama. Karena bekerja
dengan hati akan membuat Anda nyaman dalam menyelesaikan job description yang dilimpahkan kepada Anda. Kenalilah diri,
kemampuan, dan kelemahan Anda dengan cara: diskusikan dengan seseorang teman,
atau cobalah untuk melamar pekerjaan dan ketika wawancara, cobalah untuk
menggali lebih jauh mengenai kemampuan yang Anda kuasai apakah sudah sesuai
dengan klasifikasi pekerjaan tersebut. Biasanya seorang pewawancara akan senang
memberikan masukan-masukan. Pengalaman penulis ketika melamar kerja di suatu
perusahaan multimedia sebagai editor film, saat itu penulis membawa
sampel-sampel gambar yang yang nantinya akan digunakan sebagai bahan
pertimbangan pewawancara, akan tetapi didalam diskusi yang kami lakukan dan
setelah melihat hasil editing, pewawancara mengambil suatu keputusan bahwa
untuk menjadi seorang editor film, saya masih harus belajar lebih lama lagi dan
ada beberapa ungkapan yang masih saya ingat bahwa, “Anda sebenarnya mempunyai
kemampuan yang dapat Anda tawarkan justru di bidang desain grafis dan untuk
bidang editor film kemampuan Anda belum mencukupi” disinilah diperlukan
kejelian dari pencari kerja untuk mengidentifikasi pengakuan akan kemampuan
Anda. Mengenal kemampuan dan kelemahan membantu menempatkan Anda pada posisi
yang tepat sesuai dengan kualifikasi yang dikuasai sehingga dapat memberikan kontribusi
positif terhadap perusahaan.
Sifat dan
keinginan juga tidak kalah pentingnya Anda ketahui. Apakah mempunyai sifat
pendiam, riang, senang keramaian, atau senang kesunyian. Banyak sekali karakter
dari sebuah pekerjaan. Untuk pekerjaan yang bersifat penelitian di laboratorium
tentunya dibutuhkan suasana ketenangan. Orang yang mempunyai sifat pendiam,
teliti, dan rajin sangat sesuai dengan pekerjaan tersebut. Dan hal lain justru
sebaliknya pekerjaan marketing dibutuhkan orang yang rajin, supel, riang, dan
senang akan keramaian karena sifat pekerjaannya akan bertemu dengan banyak
orang dan melakukan negosiasi-negosiasi. Coba, Anda bayangkan ketika hal itu
dijalankan oleh orang-orang yang mempunyai sifat pendiam dan suka menyendiri,
tentunya proses penawaran dan suasana negosiasi menjadi tidak nyaman. Sebagai
akibatnya pekerjaan menjadi tidak efektif.
Perencanaan
jangka panjang, biasanya juga mempengaruhi pemilihan dari pekerjaan tersebut.
Perhatikan perencanaan ini, Anda memilih pekerjaan dikarenakan ingin mencari
pengalaman untuk bekal di masa mendatang atau berencana mempelajari
ketrampilan-ketrampilan tertentu pada pekerjaan untuk mewujudkan planning jangka panjang.
Ketrampilan
organisasi
Setiap orang
pasti mempunyai kemampuan, hanya saja terkadang kemampuan (talenta) tersebut
terlihat dan ada pula yang terpendam. Untuk itulah perlu digali kembali
kemampuan tersebut. Cobalah untuk menginta-ingat kembali, pernahkah Anda
berorganisasi, posisi apakah yang pernah Anda jabat. Hal ini sangatlah penting,
Anda dapat menjual kemampuan berorganisasi kepada perusahaan karena
berorganisasi kepada perusahaan tidak semua orang memilikinya, mengatur, dan
mengelola anggota lain, memimpin rapat, mengatur, dan mengelola anggota di
dapat dari pengalaman dan belajar.
Terkadang posisi tertentu dalam perusahaan membutuhkan ketrampilan mengorganisasikan semua lini
dalam perusahaan. Jabatan supervisor, manajer, dan kepala bagian maupun
jabatan-jabatan lain yang berhubungan dengan banyak orang, biasanya menitikberatkan
pada ketrampilan tersebut.
Ketrampilan
dalam menguasai teknologi sebagai pendukung kerja
Selain
ketrampilan berorganisasi, skill lain
yang Anda perhatikan adalah penguasaan teknologi, sudahkah Anda memilikinya?
Disinilah yang harus Anda perhatikan, ada beberapa jenis pekerjaan yang
membutuhkan penguasaan teknologi khusus seperti desain grafis, Anda dituntut
untuk menguasai program-program komputer untuk desain, pekerjaan dibidang
bangunan seperti arsitek dan sipil membutuhkan penguasaan alat-alat gambar dan
program komputer seperti Autocad,
Microsoft Visio sebagai program pendukung, di bidang administrasi sangat
diperlukan kemampuan mengoperasikan komputer administrasi seperti Microsoft, Excel, dan sebagainya.
Di era sekarang
ini penguasaan teknologi secara umum pun sangat dituntut untuk dikuasai,
persaingan dunia kerja semakin ketat banyak perusahaan-perusahaan pencari
kerja, memberikan kualifikasi yang harus di penuhi oleh para pencari kerja,
salah satunya adalah penguasaan komputer secara umum seperti penguasaan
program-program Microsoft Word, Excel
dan sebagainya. Ketrampilan-ketrampilan ini dapat dijadikan nilai tambah bagi
Anda untuk bersaing dalam dunia kerja. Disamping itu, perusahaan dapat menilai
bahwa Anda dapat memberikan kontribusi yang positif bagi mereka dan diharapkan
kemampuan Anda sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan, minimal kemampuan itu
dapat dikembangkan setelah Anda bekerja. Jika ketrampilan tidak Anda kuasai
cobalah untuk belajar menambah ketrampilan tersebut, tidak hanya komputer
melainkan ketrampilan lain dalam menggunakan alat-alat pendukung kerja juga
harus diperhatikan.
Tips
- Banyaklah berdiskusi dengan keluarga maupun teman dekat mengenai Anda.
- Berusahalah untuk mengetahui latar belakang sejarah keluarga Anda. Hal ini kemungkinan sangat membantu dalam mencari talenta Anda yang terpendam.
- Kenalilah jenis pekerjaan yang akan dilamar sesuaikanlah dengan karakter dan keinginan Anda.
- Planning jangka panjang yang telah Anda buat, perlu dijadikan bahan pertimbangan dalam mencari pekerjaan.
- Ketrampilan baik berupa ketrampilan berorganisasi maupun ketrampilan penguasaan teknologi sebaiknya dikuasai. Perusahaan sangat mengharapkan kontribusi positif Anda.
- Terkadang pada bidang pekerjaan lain penguasaan teknologi tidak ditekankan, hanya saja keuletan dan giat menjadi poin penting. Disinilah tugas Anda untuk menceritakan karakter dan keinginan Anda yang sekiranya memenuhi kualifikasi mereka.
0 Response to "Kenali Talenta Anda Sebelum Mencari Kerja "
Posting Komentar