Kenali Talenta Anda Sebelum Mencari Kerja

Identifikasi apa yang akan Anda lakukan kemampuan untuk mengenali diri sendiri sangatlah penting. Barang kali Anda mempunyai pilihan-pilihan, akan tetapi pekerjaan yang sesuai dengan Anda sangat perlu dijadikan prioritas utama. Karena bekerja dengan hati akan membuat Anda nyaman dalam menyelesaikan job description yang dilimpahkan kepada Anda. Kenalilah diri, kemampuan, dan kelemahan Anda dengan cara: diskusikan dengan seseorang teman, atau cobalah untuk melamar pekerjaan dan ketika wawancara, cobalah untuk menggali lebih jauh mengenai kemampuan yang Anda kuasai apakah sudah sesuai dengan klasifikasi pekerjaan tersebut. Biasanya seorang pewawancara akan senang memberikan masukan-masukan. Pengalaman penulis ketika melamar kerja di suatu perusahaan multimedia sebagai editor film, saat itu penulis membawa sampel-sampel gambar yang yang nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan pewawancara, akan tetapi didalam diskusi yang kami lakukan dan setelah melihat hasil editing, pewawancara mengambil suatu keputusan bahwa untuk menjadi seorang editor film, saya masih harus belajar lebih lama lagi dan ada beberapa ungkapan yang masih saya ingat bahwa, “Anda sebenarnya mempunyai kemampuan yang dapat Anda tawarkan justru di bidang desain grafis dan untuk bidang editor film kemampuan Anda belum mencukupi” disinilah diperlukan kejelian dari pencari kerja untuk mengidentifikasi pengakuan akan kemampuan Anda. Mengenal kemampuan dan kelemahan membantu menempatkan Anda pada posisi yang tepat sesuai dengan kualifikasi yang dikuasai sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap perusahaan.

Sifat dan keinginan juga tidak kalah pentingnya Anda ketahui. Apakah mempunyai sifat pendiam, riang, senang keramaian, atau senang kesunyian. Banyak sekali karakter dari sebuah pekerjaan. Untuk pekerjaan yang bersifat penelitian di laboratorium tentunya dibutuhkan suasana ketenangan. Orang yang mempunyai sifat pendiam, teliti, dan rajin sangat sesuai dengan pekerjaan tersebut. Dan hal lain justru sebaliknya pekerjaan marketing dibutuhkan orang yang rajin, supel, riang, dan senang akan keramaian karena sifat pekerjaannya akan bertemu dengan banyak orang dan melakukan negosiasi-negosiasi. Coba, Anda bayangkan ketika hal itu dijalankan oleh orang-orang yang mempunyai sifat pendiam dan suka menyendiri, tentunya proses penawaran dan suasana negosiasi menjadi tidak nyaman. Sebagai akibatnya pekerjaan menjadi tidak efektif.
Perencanaan jangka panjang, biasanya juga mempengaruhi pemilihan dari pekerjaan tersebut. Perhatikan perencanaan ini, Anda memilih pekerjaan dikarenakan ingin mencari pengalaman untuk bekal di masa mendatang atau berencana mempelajari ketrampilan-ketrampilan tertentu pada pekerjaan untuk mewujudkan planning jangka panjang.

Ketrampilan organisasi
Setiap orang pasti mempunyai kemampuan, hanya saja terkadang kemampuan (talenta) tersebut terlihat dan ada pula yang terpendam. Untuk itulah perlu digali kembali kemampuan tersebut. Cobalah untuk menginta-ingat kembali, pernahkah Anda berorganisasi, posisi apakah yang pernah Anda jabat. Hal ini sangatlah penting, Anda dapat menjual kemampuan berorganisasi kepada perusahaan karena berorganisasi kepada perusahaan tidak semua orang memilikinya, mengatur, dan mengelola anggota lain, memimpin rapat, mengatur, dan mengelola anggota di dapat dari pengalaman dan belajar.
Terkadang posisi tertentu dalam perusahaan membutuhkan ketrampilan mengorganisasikan semua lini dalam perusahaan. Jabatan supervisor, manajer, dan kepala bagian maupun jabatan-jabatan lain yang berhubungan dengan banyak orang, biasanya menitikberatkan pada ketrampilan tersebut.

Ketrampilan dalam menguasai teknologi sebagai pendukung kerja
Selain ketrampilan berorganisasi, skill lain yang Anda perhatikan adalah penguasaan teknologi, sudahkah Anda memilikinya? Disinilah yang harus Anda perhatikan, ada beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan penguasaan teknologi khusus seperti desain grafis, Anda dituntut untuk menguasai program-program komputer untuk desain, pekerjaan dibidang bangunan seperti arsitek dan sipil membutuhkan penguasaan alat-alat gambar dan program komputer seperti Autocad, Microsoft Visio sebagai program pendukung, di bidang administrasi sangat diperlukan kemampuan mengoperasikan komputer administrasi seperti Microsoft, Excel, dan sebagainya.
Di era sekarang ini penguasaan teknologi secara umum pun sangat dituntut untuk dikuasai, persaingan dunia kerja semakin ketat banyak perusahaan-perusahaan pencari kerja, memberikan kualifikasi yang harus di penuhi oleh para pencari kerja, salah satunya adalah penguasaan komputer secara umum seperti penguasaan program-program Microsoft Word, Excel dan sebagainya. Ketrampilan-ketrampilan ini dapat dijadikan nilai tambah bagi Anda untuk bersaing dalam dunia kerja. Disamping itu, perusahaan dapat menilai bahwa Anda dapat memberikan kontribusi yang positif bagi mereka dan diharapkan kemampuan Anda sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan, minimal kemampuan itu dapat dikembangkan setelah Anda bekerja. Jika ketrampilan tidak Anda kuasai cobalah untuk belajar menambah ketrampilan tersebut, tidak hanya komputer melainkan ketrampilan lain dalam menggunakan alat-alat pendukung kerja juga harus diperhatikan.

Tips
  • Banyaklah berdiskusi dengan keluarga maupun teman dekat mengenai Anda.
  • Berusahalah untuk mengetahui latar belakang sejarah keluarga Anda. Hal ini kemungkinan sangat membantu dalam mencari talenta Anda yang terpendam.
  • Kenalilah jenis pekerjaan yang akan dilamar sesuaikanlah dengan karakter dan keinginan Anda.
  • Planning jangka panjang yang telah Anda buat, perlu dijadikan bahan pertimbangan dalam mencari pekerjaan.
  • Ketrampilan baik berupa ketrampilan berorganisasi maupun ketrampilan penguasaan teknologi sebaiknya dikuasai. Perusahaan sangat mengharapkan kontribusi positif Anda.
  • Terkadang pada bidang pekerjaan lain penguasaan teknologi tidak ditekankan, hanya saja keuletan dan giat menjadi poin penting. Disinilah tugas Anda untuk menceritakan karakter dan keinginan Anda yang sekiranya memenuhi kualifikasi mereka.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Talenta Anda Sebelum Mencari Kerja "

Posting Komentar